Belajar Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris

Bagaimana saya akan bisa berbicara menggunakan bahasa inggris kalau saya cuma diam saja dalam artian tidak berusaha untuk mengungkapkan atau mengutarakan apa yang saya ngerti meskipun cuma sepatah kata-kata english, ini terbukti ketika saya bekerja menjadi seorang cleaning service tepatnya pada tanggal 17 Juli 2012. Pekerjaanku sebagai cleaning service yang kebetulan ditempatkan di sebuah pusat permainan yang berada di salah satu mall besar di kota Jakarta. Hari itu dimana banyak orang-orang bule yang mengunjungi tempat permainan itu ada yang bertanya kepada salah satu karyawan dari perusahaan permainan itu "how much
money I can pay?" begitulah orang bule itu bertanya. Sejenak karyawan yang ditanya tersebut hanya terdiam ketika mendengar pertanyaan orang bule tersebut, entah dia mengerti atau tidak apa yang baru saja si bule tanyakan. Sesaat kemudian salah satu teman dari karyawan itu menghampiri mereka berdua dan dengan sigap temannya itu mengambil sebuah brosur yang ada di tempat kasir yang bertuliskan menggunakan bahasa indonesia yaitu tulisan  70 ribu/anak. Saya yang kebetulan menyaksikan kejadian tersebut juga hanya bisa berdiam diri saja tanpa keluar sepatah kata pun untuk menanggapi pertanyaan seorang bule tersebut. Padahal saya mengerti apa yang baru saja bule tersebut tanyakan. Melihat kedua karyawan dari tempat kami bekerja tidak menjawab pertanyaan si bule dengan cara berbicara akhirnya saya punya inisiatif untuk mencoba menjawab si bule. Dengan suara berat karena takut salah aku pun berbicara hanya untuk mewakilkan jawaban dari kedua karyawan itu "You have to pay 70 thousand rupiah for one child". Mungkin karena si bule kurang puas dengan jawaban dari karyawan itu yang hanya memberikan jawaban dengan cara menyodorkan sebuah brosur maka si bule itu sesaat kemudian merespon jawaban saya dengan dibarengi tersenyum kecil "oo Thanks" . Si bule tersebut pun kemudian membawa anaknya kedalam tempat permainan mandi bola atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SoftPlay.
Nah itulah kejadian yang pernah saya alami dulu. Ada satu yang masih mengganjal dalam hati saya yaitu sebetulnya saya kurang puas dengan apa yang saya jawab dari pertanyaan si bule. Sebenarnya saya ingin menjawab seperti ini "Please listen to me be carefully because I am not fluent in speaking English language. You have to pay the 70 thousand rupiah for one child. 70 thousand rupiah that one child should be accompanied by a person of his family. Play time is over an hour. Do you understand what I just say sir ?

Nah sebetulnya saya tuh pengen ngomong kaya gitu. Eh malah gak punya nyali buat unjuk gigi karena grogi ngomong sama orang bule. Apa ngomong sama orang bule itu bawaannya kaya gitu yah ? Ah tak tau juga deh. Nah itulah curhatku yang sengaja saya publikasikan lewat blog ini. Inti dari kejadian ini saya punya hikmahnya yaitu harus berani ngomong English karena sedikit demi sedikit kalau kita terbiasa maka perbendaharaan kata English kita maka akan semakin meningkat. Sekian dulu yah... thanks.

Inilah sedikit dari banyaknya manfaat mempunyai sebuah blog yaitu kita bisa ngomong ngalor-ngidul sekarepe dewek itung-itung buat tempat mencurahkan isi hati gtu deh. he he

Saya kasih judul apa yah untuk postingan kali ini ? Kasih judul ini saja deh Belajar Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris.

2 comments:

  1. wah boleh juga tuh pengalamannya, dl saya juga pernah pas lagi servis motor di suatu dealer, n si bule sy ajakin ngomong, kebetulan bulenya cewek hehe :D, tp pas dia jawab malah bingung ak soalnya bahasanya cepet banget dia ngomongnya hehe, thx sharenya

    ReplyDelete
  2. Kalo ane di 'cicil' per kata. Awalnya bahasa indonesia, trus di jdiin bahasa inggris per-kata. Dah jadi bhasa inggris, Dah gtu, masukin ke translate: Dari bahasa inggris KE Indonesia. Hasilnya tinggal di evaluasi sama sebelumnya. =D *dapetnya bahasa baku.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sopan, komentar yang memuat konten pornografi akan saya hapus dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel tidak akan saya terbitkan.