Kenali 9 Jenis Asma Sejak Dini

Sebenarnya apa itu asma ??..Penyakit asma sudah sangat sering kita dengar, bahkan sangat familiar dikarenakan penderita asma sudah sangat banyak di Indonesia. Tetapi meskipun demikian ternyata tidak banyak dari kita yang mengetahui secara pasti apa sebenarnya asma. Oleh karena itu ada baiknya kita untuk mempelajarinya. Dulu saya pernah membuat artikel rahasia cara jitu untuk mengatasi penyakit asma Lanjut ke pembahasan cara mengenali 9 jenis asma sejak dini..

Pengertian Asma
Penyakit asma berasal dari kata yang diambil dari bahasa Yunani yaitu "asthma" yang berarti sulit bernapas.




Secara umum, penyakit asma merupakan suatu jenis penyakit gangguan pernapasan, khususnya terjadi pada paru-paru. Asma sendiri biasa dikenal dengan sebutan "penyakit sesak napas". Sesak napas terjadi karena adanya penyempitan pada saluran pernapasan akibat adanya aktivitas yang berlebihan terhadap rangsangan tertentu.

Jenis Asma
Meskipun kebanyakan orang yang sering menganggapnya sama, tapi ternyata asma itu banyak macamnya. Secara umum asma dapat dibedakan menjadi 9 jenis. Untuk lebih jelasnya mari kita simak jenis-jenis asma dibawah ini.


1. Asma Karena Non Alergi
Asma ini biasanya terjadi karena disebabkan oleh infeksi pada saluran pernapasan bawah dan atas, untuk jenis asma ini biasanya terjadi pada usia yang sudah lebih dewasa.

Gejala-gejala yang terjadi biasanya ditandai dengan adanya sesak napas, batuk dan napas menjadi cepat dan pendek. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh stress, kekhawatiran yang berlebihan, pergantian cuaca yang ekstrim misalnya dari musim dingin ke musim panas ataupun bisa juga sebaliknya, kurang berolahraga atau terlalu capai berolahraga, iritasi dan radang tenggorokan.

2. Asma Akibat Alergi
Jenis asma ini yang paling banyak ditemukan terutama di daerah tropis seperti negara Indonesia. Karena aktivitasnya yang dinamis maka anak-anak sangat rentan dengan asma jenis ini. Mereka sering bermain di luar rumah sehingga sering terpapar debu, asap, polusi udara, bau-bau yang menyengat hidung seperti bau kotoran sampah dan lain sebagainya.

Makanan tertentu yang mengandung MSG juga merupakan faktor pemicu yang dapat menyebabkan gejala penyakit asma seperti batuk dan sesak napas

3. Asma Noktural
Jenis asma ini disebabkan karena batuk kering. Batuk kering sangat menyiksa dan menyakitkan di dada. Penderita jenis asma ini menyebabkan penderitanya sering terbangun dari tidur. Biasanya ditandai dengan lemas dan lesu di pagi hari karena kurang tidur.


4. Asma Pada Orang Dewasa
Asma pada orang dewasa biasa terjadi karena berbagai faktor diantaranya seperti alergi, non alergi, iritasi, noktural, cemas berlebihan, beban pekerjaan dll. Oleh karena itu penderita harus lebih sadar akan kondisi dirinya. Penderita juga harus mewaspadai gejala-gejala yang mungkin muncul dan mempersiapkan diri untuk mencegah jangan sampai terjadi serangan akut.


5. Asma Pada Anak
Asma pada anak ini umumnya terjadi karena alergi-alergi seperti yang sudah dikemukakan pada jenis Asma pada point 1 diatas. Memang ada beberapa kasus anak menjadi asma kerana radang tenggorokan atau kasus iritasi lainnya, namun jumlah terbanyak disebabkan karena alergi.


6. Asma Batuk
Ini merupakan jenis asma yang sering mengaburkan asma yang terjadi. Ini jenis asma yang menyulitkan bagi penderitanya. Oleh sebab itu jika terjadi batuk yang disertai sesak napas sebaiknya segera periksa ke dokter dan jalani pemeriksaan lengkap untuk menentukan jenis pengobatan yang paling sesuai.


7. Asma Musiman
Asma musiman adalah asma yang terjadi pada banyak orang saat musim-musim tertentu. Misalnya saja pada saat musim kemarau. Karena disaat musim kemarau ini banyak sekali tanah-tanah kering dan berdebu ,lalu debu tersebut beterbangan bersama angin dan masuk ke dalam saluran pernapasan. Biasanya kondisi seperti ini bisa diperparah dengan kondisi tidak fit tiap orang.


8. Asma Campuran
Asma jenis ini bisa terjadi karena faktor-faktor ekstrinsik (dari luar tubuh) diantaranya seperti debu ,kapur ,asap ,dll yang ditambah dengan kondisi penderita yang rentan terkena asma seperti orang tua yang mengidap penyakit asma, kondisi tubuh tidak fit ,stress dll.


9. Asma Akibat Pekerjaan
Asma ini terjadi karena terpapar zat-zat tertentu di lingkungan tempat kerja. Contohnya seorang pengajar yang menggunakan kapur tulis dalam kesehariannya dapat berpotensi mengalami asma, karena menghirup butiran-butirannya dan masuk ke saluran pernapasan.
Semoga bermanfaat..Salam sehat..

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sopan, komentar yang memuat konten pornografi akan saya hapus dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel tidak akan saya terbitkan.