Kenapa Postingan Lama Terindeks Search Engine Google

Saat umur blog-cilik kurang lebih 8 bulan saya putuskan untuk mendaftarkannya ke google adsense dan akhirnya saya diterima. Sebelumnya sih saya pesimis bisa diterima adsense karena ada artikel saya yang berjudul cerita pa*nas n*fsu liar b*rahi majikanku yang pemalu, meskipun itu bukan cerita pa*nas yang sungguhan dalam artian bukan cerita pan*as yang negatif (suatu cerita yang hanya untuk mengelabui orang-orang yang lagi sang* saja).



Setelah menunggu selama tiga hari untuk memastikan diterima atau ditolaknya pendaftaran adsense akhirnya lamaran pun diterima dan blog-cilik resmi menjadi penayang adsense sekitar bulan oktober 2012.

Baca juga : Cara membuka klik kanan pada website orang lain yang tidak bisa dicopas

Seiring berjalannya waktu artikel saya cerita *anas nafs* liar birah* majikanku yang pemalu tersebut menduduki peringkat no. 1 di search engine google dengan kata kunci cerit* panas. Itu menjadi kebanggaan tersendiri buat saya. Kurang lebih 3500an
pengunjung per hari datang dari kata kunci tersebut.

Baca juga : 100% agar postingan tidak bisa dicopas

Namun lama-kelamaan saya merasa khawatir dan takut banned dari adsense yang melibatkan cerita pan*s tersebut, kekhawatiran itu bermula dari melihat artikel cerita p*nas yang tidak kedapatan iklan yang ditampilkan.



Saya buka-buka lagi TOS kebijakan program adsene dan selalu terbayang-bayang dengan statement "Penayang tidak boleh menempatkan kode adsense pada laman yang berisi konten yang melanggar pedoman konten kami. 

Beberapa contoh mencakup konten yang bersifat dewasa, kekerasan, atau mendukung diskriminasi rasial" rasa khawatir dan bimbang akan tendangan adsense pun semakin menjadi-jadi. Takut dan cemas terus menghinggapi saya pada saat itu. "bagaimana kalau suatu hari nanti saya di tendang dari adsense gara-gara artikel tersebut" Googling kesana kemari namun tidak menemukan jalan keluar yang menurut saya aman.

Akhirnya saya memutuskan untuk men darft artikel tersebut, mau tidak mau hal itu harus saya lakukan. Sayang memang karena artikel itu adalah salah satu artikel tulang punggung untuk mendapatkan traffic banyak ke blog-cilik ini dulu. 

Mengembalikan artikel cerita p*nas yang sudah dipublikasikan saya kembalikan lagi ke draft pun akhirnya saya lakukan. 

Dampaknya pengunjung yang tadinya 4500an kini menjadi hanya ratusan saja per hari. "Gk pa pa yang penting saya aman dari pukulan adsense".

Satu bulan sudah berlalu dan saya sangat merasa kecewa dengan keadaan blog ini yang sangat sepi pengunjung. Yang tadinya sempat vakum jarang update artikel/postingan kini saya pun rajin membuat artikel lagi untuk memperbaiki traffic. 

Namun kali ini ada yang dirasa berbeda, setiap kali membuat artikel baru artikel baru tersebut sangat lama untuk terindeks oleh search engine (bahkan sampai 4 hari baru nongol). 

Bukan hanya itu saja selain lama terus munculnya juga di urutan halaman 4 atau halaman 5. "kenapa kok bisa begitu padahal dulu kan gak separah ini" Googling lagi sampai menemukan jawaban, dan saya pun teringat dengan artikel cer** p**as yang sudah saya kembalikan ke draft dulu. 

Ternyata hal inilah yang menjadi faktor serta jawaban juga alasan mengapa blog-cilik akhir-akhir ini selalu jelek di serp google. Broken link lah yang menjadikan blog ini jelek di mata om google. 

Kemudian saya pun menghapus broken link menggunakan webmaster tool. Saya pikir cuma ada satu broken link saja yaitu artikel cerita p*nas yang sudah saya kembalikan ke draft, ternyata sangkaan saya salah ada tiga broken link lagi selain cerita p*nas yaitu :

1. blog-cilik.blogspot.com/delete-comment.g?blogID= ini adalah link komentar yang sudah saya hapus dulu dari komentar para pembaca karena berkomentar tidak berhubungan dengan pembahasan artikel/postingan.

2. blog-cilik.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-readmore-yang-menggunakan.html-
ini adalah link yang salah ada huruf " - " pada akhir tulisan html

3. blog-cilik.blogspot.com/l
ini adalah link yang sangat jelas kesalahannya, karena faktor kelalaian dalam menulis link.

Itulah sekelumit kisah masa lalu dari blog-cilik. Kini setelah broken link dihapus Alhamdulillah sekarang artikel baru tidak sampai satu jam sudah terindeks oleh google.

Buat para blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah broken link kan? Tapi jujur saja sebelumnya saya juga gak tahu apa itu broken link dan apa dampaknya broken link untuk kesehatan blog kita. 

Namun setelah kejadian ini saya bisa mengambil hikmahnya. Nah bagi yang belum tahu silahkan baca postingan saya cara mengecek broken link disini dan cara menghapus broken link menggunakan webmaster tool disini. 

Tapi entar postingan nya belum saya buat. he he

Menurut saya pribadi selain karena faktor broken link ada juga faktor lain yang mengakibatkan postingan baru akan lama untuk muncul di mesin pencari google. Siapa tahu ini terjadi pada blog-blog sobat sekalian.

1. Blog sobat belum dibuatkan sitemap
2. Blog sobat hasil dari copy paste
3. Adanya kesalahan pengaturan robots.txt sehingga googlebot tidak dapat mengindeks pembaharuan konten yang sudah sobat lakukan.
4. Terjadinya kesalahan saat googel melakukan crawling sebuah konten sehingga link tidak terdeteksi.
5. Sering gonta-ganti template atau desain blog sehingga google akan kesulitan melakukan crawling setiap konten yang ada pada blog.

kenapa postingan lama terindex oleh search engine, penyebab postingan lama muncul di mesin telusur, alasan kenapa postingan sangat lama muncul di google, kenapa artikel baru tidak cepat terindeks, penyebab blog sepi pengunjung, penyebab artikel lama muncul lagi secara otomatis, alasan postingan lama terindeks google, penyebab judul blog tidak muncul pada search engine

12 comments:

  1. wah terimakasih buat pencerahannya sobat..
    sangat membantu sekali salam kenal dari saya.:)

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih infomya ,, sangat bermanfaat sob,,

    ReplyDelete
  3. Punya ane lama banget gan 2 harian baru keindex
    udah diperiksa di webmaster juga ga ada yg salah
    kira2 kenapa ya

    ReplyDelete
  4. wah pengunjung blog agan banyak bener, sampai 3 jutaan..
    semoga blog saya bisa seperti blog agan.
    nice post gan, salam sukses..

    ReplyDelete
  5. saya juga sering mengalami hal yang demikian, khususnya pada blog yang tidak terawat alias jarang di update, bahkan ini lebih parah lagi, sudah seminggu lebih belum juga terindeks, mudah mudahan triknya cocok buat blog saya

    ReplyDelete
  6. Sepertinya ane punya masalah pada robot.txtnya nih, soalnya ampe sekarang belum terindeks

    ReplyDelete
  7. Bos kayak nya sama ni kisah kita.. algoritma google emang susa di tebak

    ReplyDelete
  8. broken link komentar emang terjadi di semua blog itu dampakdari script template yang kacau

    ReplyDelete
  9. Trimakasih penjelasan nya membuat saya lega.

    ReplyDelete
  10. untuk yg poin no 4 (terjadi kesalahan saat gugel melakukan crawl) itu penjelasannya gimana yah? sory pertanyaannya rada bodoh, emang masih bodoh soalnya

    ReplyDelete
  11. pantesan ga ke indeks yah...saya suka ganti2 tema..bingung sih mili tema nya yang mana...galau terus..terima kasih info nya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sopan, komentar yang memuat konten pornografi akan saya hapus dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel tidak akan saya terbitkan.