Mengetahui Cara Kerja Antivirus

Antivirus atau juga disebut Virus Protection Software adalah perangkat lunak yang fungsinya untuk mengamankan, mendeteksi bahkan menghapus virus komputer dari sebuah sistem komputer. Di jaman sekarang antivirus tidak hanya mendeteksi virus tetapi program anti virus ini telah dilengkapinya dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkits, serta malware dan firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam. Yang memproduksi antivirus ini bukan hanya dari mancanegara saja. Tetapi buatan lokal juga ada dan sudah diakui oleh dunia akan kemampuannya mendeteksi virus dan sejenisnya. Antivirus-antivirus buatan lokal diantaranya adalah :

  1. ANSAV Antivirus
  2. Blue Atom Antivirus
  3. PC Media Antivirus
  4. SMADAV
  5. GUCUP Antivirus (GAV)
  6. Avigen Antivirus


Antivirus apa yang sobat punya untuk melindungi komputer dari serangan virus? Apapun antivirus yang sobat miliki yang terpenting adalah antivirusnya dapat bekerja. Lalu bagaimana dan seperti apakah antivirus sobat bekerja, untuk itu silahkan sobat ikuti cara yang akan saya bagikan dalam postingan kali ini. Dengan melakukan pengetesan untuk mengetahui proses antivirus ini setidaknya sobat akan mengetahui jika suatu saat komputer sobat diancam virus.

  • Bukalah Notepad anda, dan pastekan kode di bawah ini


  • Lalu save as (simpan) dengan nama extension.com...contoh: MengecekAntivirus.com
Jika beberapa saat setelah anda melakukan Save As (simpan) file tersebut dan Antivirus anda langsung mendeteksi file tersebut sebagai virus berarti Antivirus anda bekerja dengan baik.

Jangan takut, file yang tadi kita buat tidak akan menginfeksi komputer kita walaupun terdeteksi oleh antivirus. Text Code yang saya tuliskan diatas adalah Standard Text yang digunakan oleh para Developer Antivirus khususnya oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-Virus Research). EICAR adalah badan yang fokus dalam bidang virus dan mereka menciptakan sebuah standarisasi terhadap Antivirus.
Standarisasi ini digunakan untuk melihat reaksi Antivirus ketika mendeteksi file yang dibuat oleh EICAR yaitu text file yang tadi kita buat dengan notepad.

1 comment:

  1. Kalo maslah iklan adsensesigh, itu urusan ama kualitas Blog kita. tp klo sering mencari backlink berkualitas tinggi itu ngk jadi maslh.. dengn pihak google adsense..

    ato lngsung ajha baca TOS adsense

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sopan, komentar yang memuat konten pornografi akan saya hapus dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel tidak akan saya terbitkan.