Membuat Readmore Manual Di Blogspot

Bagi sobat yang baru berkecimpung di dunia blog khususnya blogger mungkin akan merasa heran ketika melihat blognya orang lain yang tampak lebih rapih bila dibandingkan dengan blog sendiri seperti blog orang lain yang artikel di halaman depannya hanya satu atau dua paragraf saja dan sisanya dipotong oleh kata-kata readmore, baca selengkapnya atau continue reading. Sedangkan melihat blog sendiri artikel yang terpampang di halaman depan terlihat melorot panjang sampai ke bawah. Sebelumnya saya sudah membuat postingan cara membuat readmore otomatis disini. Dan seperti janji saya yang akan memposting cara membuat readmore manual dan pada kesempatan ini tersampaikan. Readmore manual ini jauh lebih simple di praktekan bila dibandingkan dengan read more otomatis, karena readmore manual ini kita tidak perlu mengutak-ngatik
template dalam edit html. Sebenarnya pihak pengembang dari blogger ini sudah menyediakan fasilitas untuk membuat readmore contohnya  tool insert jump break dalam pembuatan postingan dalam mode compose (bukan mode html). Tapi kali ini kita bukan untuk membahas tool insert jump break.

Bagi sobat yang tertarik ingin membuat readmore manual yang satu ini silahkan ikuti tutorialnya.

  • Seperti biasa sobat signup dulu ke akun blogger masing-masing
  • Klik entri baru
  • Buatlah artikel menarik (dalam mode compose) seperti yang biasa sobat lakukan, seperti gambar di bawah ini.


  • Jika artikelnya selesai jangan dulu di publikasikan tapi yang harus sobat lakukan adalah
  • Klik HTML maka potingannya akan terpampang seperti gambar di bawah ini


  • Tempelkan kode <!--more--> di kata atau paragraf mana saja yang sekiranya ingin sobat potong, contoh :

  • Kalau ingin melihat hasilnya silahkan kembalikan lagi ke mode compose, kala ada tanda garis seperti gambar di bawah ini berarti sobat berhasil.


Bagaimana mudah bukan ? Jangan lupa untuk publikasikan artikel (postingan) yang sudah sobat buat. Selesai..

Oh ya ada yang lupa, buat yang tidak suka dengan kata baca selengkapnya. Sobat bisa menggantinya dengan kata-kata yang lain seperti continue reading, next dll.
Langkah-langkahnya adalah masuk ke Dashboard >> Tata Letak,,Carilah kotak yang ada keterangan Posting Blog dan kliklah edit



Setelah meng-klik edit maka akan ada tampilan pop up windows seperti gambar di bawah ini. Silahkan ganti baca selengkapnya sesuai keinginan kalian masing-masing.



membuat read more di blog, bagaimana cara membuat baca selengkapnya, bagaimana cara memasang readmore di blogspot, bagaimana cara memasang tombol readmore.

Comments
6 Comments

6 komentar

Sama-sama boz, tks dah berkunjung

koko di blog saya tidak bisa membuat readmore di semua halaman ?.
apa readmore cuma berfungsi di homepage aja ??

Silahkan berkomentar yang sopan, komentar yang memuat konten pornografi akan saya hapus dan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel tidak akan saya terbitkan.